Senin, 04 Mei 2015

Beternak Landak Mini



Asal usul Landak Mini

Hewan mungil dari family Erinaceinae ini adalah binatang mamalia berduri tapi tidak tajam. Ukuran Landak Mini  paling besar hanya seukuran telapak tangan orang dewasa ketika berusia 5 tahun. Landak Mini dalam bahasa inggris disebut African Pigwy Hedgehogs. Landak Mini berasal dari Afrika, Eropa dan China, kemudian dibawa ke Amerika Serikat untuk dikawinsilangkan. Saat ini ada 90an varian warna Landak Mini.

Sifat Landak Mini

Landak Mini bersifat solitaire dan nocturnal. Landak Mini juga mempunyai kebiasan yang unik, jika sedang takut atau terancam bahaya, hewan mungil ini bisa menggulungkan tubuhnya menjadi bola berduri. Tentu saja karena Landak Mini mempunyai tubuh yang berduri. Terutama bagian punggungnya. Adapun bagian kaki, muka dan perut tidak berduri. Landak Mini bukanlah hewan pengerat seperti landak biasa. Landak Mini merupakan pemakan serangga. Akan tetapi sebagai hewan peliharaan, Landak Mini biasanya diberi makan ulat hongkong atau juga makanan kucing (cat food) atau makanan anjing (dog Food). Pada dasarnya Landak Mini adalah hewan penyendiri atau soliter jadi anda dapat memeliharanya walaupun hanya seekor saja bisa betina atau yang jantan. Landak Mini bisa mengeluarkan suara, suara yang keluar bisa mendengkur, mendesis, berdecak dan bahkan bersiul.

Masa Hidup Landak Mini

MASA HIDUP DIALAM LIAR
Masa hidup Landak Mini dialam liar pada umumnya mencapai 2 hingga 3 tahun. Kematian biasanya disebabkan oleh predator di banding usianya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa masa hidup Landak Mini lebih panjang ketika dijadikan hewan peliharaan. Landak Mini dapat hidup hingga 10 tahun dihabitat aslinya, namun sangat jarang sekali. Landak Mini dengan usia 10 tahun akan sama halnya dengan manusia berusia 104 tahun. Hibridasi (campuran) antara Landak Mini jenis Alegrian dan White Bellied menghasilan jenis Landak Mini yang dapat hidup lebih lama. Jadi jika Landak Mini anda hidup hingga 5-7 tahun maka telah mencapai usia maksimal.

TABEL PERBANDINGAN
(dalam tahun kalender)
Usia Landak Mini
Persamaan Usia Manusia
2 Bulan
10 Tahun
6 Bulan
20 Tahun
14 Bulan
30 Tahun
3 Tahun
40 Tahun
3 Tahun 6 Bulan
50 Tahun
3 Tahun 8 Bulan
60 Tahun
4 Tahun 2 Bulan
70 Tahun
5 Tahun 4 Bulan
80 Tahun
6 Tahun 2 Bulan
90 Tahun
7 Tahun 8 Bulan
100 Tahun
  
MASA HIDUP SAAT DIPELIHARA
Rata-rata masa hidup Landak Mini ketika dijadikan hewan peliharaan adalah 48 bulan, baik jantan maupun betina. Idealnya, Landak Mini akan hidup hingga 5-7 tahun tetapi table perbandingan diatas menunjukkan bahwa rata-rata masa hidup Landak Mini saat dipelihara kurang dari masa hidup ideal. Beberapa factor sangat mempengaruhi kesehatan dan masa hidup Landak Mini. Faktor genetik memainkan peranan penting pada masa hidup Landak Mini, tapi faktor luar juga memiliki kontribusi pada masa hidup Landak Mini ketika dijadikan hewan peliharaan.

Variabel Yang Mempengaruhi Masa Hidup Landak Mini

§   MAKANAN
Makanan adalah variable utama yang dapat meningkatkan atau menurunkan masa hidup Landak Mini. Landak Mini membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk tetap sehat dan mencapai usia maksimal. Landak Mini yang mendapatkan nutrisi tidak seimbang atau buruk tidak akan tumbuh sempurna seperti halnya Landak Mini yang diberi nutrisi seimbang. Beberapa jenis makanan dapat membahayakan Landak Mini, dan sayangnya makanan terbaik untuk Landak Mini belum ditemukan.

§   LATIHAN (OLAH RAGA)
Landak Mini dihabitat aslinya sering melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencari makanan. Beberapa andapun memberikan latihan jogging pada Landak Mini dengan menggunakan roda. Keuntungan dari latihan yang dilakukan oleh Landak Mini telah terbukti meminimalisir beberapa penyakit. Anda dapat membuat latihan sederhana dengan cara menyediakan kandang yang luas, roda putar atau bermain diluar kandang. Landak Mini yang mendapatkan latihan teratur akan menjadi Landak Mini yang sehat dan berkualitas.

§   BEDDING (ALAS KANDANG)
Landak Mini selalu berada dekat dengan alas kandang baik ketika tidur maupun bangun. Hidung Landak Mini hanya beberapa cm dari alas kandang, jadi udara yang dihirup oleh Landak Mini dapat terkontaminasi dengan cepat oleh alas kandang yang kotor. Alas kandang dari serbuk kayu terkadang masih menyisakan aroma hidrokarbon yang dapat menyebabkan infeksi pernafasan. Serbuk kayu yang kotor sangat berbahaya karena mengandung ammonia (air kencing) dan dapat meningkatkan resiko terkontaminasi bakteri.

§   PEMBIAKAN
Mengawinkan Landak Mini betina dapat meningkatkan resiko komplikasi kesehatan dan bahkan kematian. Komplikasi dapat dimulai pada saat dikawinkan hingga proses menyusui. Pembiakan pada dasarnya membuat Landak Mini stres dan ketika imunitas Landak Mini sedang drop, maka akan sangat mudah terkena infeksi.

§   TINGKAT STRES
Stres dapat disebabkan oleh berbagai hal yang belum pernah anda duga sebelumnya. Stres yang sesekali muncul mungkin tidak berbahaya, tetapi stres yang secara rutin terjadi sangat berbahaya bagi Landak Mini. Tanda Landak Mini stres pada umumnya adalah tidak mau makan atau minum, selalu kaget dan marah, perubahan warna kotoran. Landak Mini mempunyai pendengaran yang sangat baik dan akan terganggu jika ada suara bising disekitarnya.

§   KUALITAS HIDUP
Banyak penelitian menjelaskan baik manusia maupun hewan yang hidupnya bahagia akan hidup lebih lama. Perhatian dan lingkungan yang nyaman dapat memberikan kehidupan dan kesehatan untuk Landak Mini. Landak Mini yang tidak diperhatikan atau dirawat serta kandang sempit dan kotor cenderung memiliki banyak keluhan penyakit.

§   INSIDEN ATAU CIDERA
Inseden atau cidera pada Landak Mini dapat terjadi walaupun sudah dirawat dengan cara dan kondisi yang tepat. Terkadang kejadian jatuh atau insiden tidak langsung memberikan dampak kerusakan tetapi dapat menyebabkan kerusakan internal yang tidak terlihat. Perilaku Landak Mini juga dapat menyebabkan cidera, seperti jatuh dari atas benda yang dia panjat atau terjebak.

§   PENYAKIT
Landak Mini bisa terjangkit penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit dan pathogen lainnya. Imunitas yang kuat, makanan yang sehat dan perawatan yang tepat akan menghindarkan Landak Mini terjangkit berbagai penyakit. Setiap Landak Mini memiliki bakteri normal dalam tubuhnya. Ketika ada bakteri baru yang masuk kedalam tubuhnya dan melebihi batas normal maka penyakit akan dating. Kemungkinan penyakit yang dapat menyerang Landak Mini adalah infeksi pernafasan, infeksi saluran kemih, kanker dan gangguan  pencernaan.

Kesimpulannya, sama seperti manusia, banyak factor yang mempengaruhi kenapa Landak Mini dapat hidup lebih lama dari landak lainnya. Pemilihan pakan, kandang yang baik serta memberikan perhatian dan perawatan dan pemeliharaan yang tepat akan menentukan masa hidup Landak Mini.

Apa Yang Harus Saya Pahami Sebelum Memutuskan Memelihara Landak Mini?

§   Pahami betul dimana anda akan membeli, Beli Landak Mini pada breeder terpercaya, cukup dikenal, serta mudah diajak berkomunikasi, tentu saja untuk memudahkan anda dalam mencari pengetahuan atau info atau seluk beluk Landak Mini yang akan anda beli secara lebih msudah dan valid.
§   Bekali diri dengan informasi atau literatur sebanyak-banyaknya sebelum mulai memelihara, karena Landak Mini juga mahluk hidup, jadi anda tidak mau kan ada resiko yang merugikan?
§   Harga murah bukanlah jaminan, jadi sebaiknya anda jangan keburu tergiur harga murah. Pahami betul kondisi fisik & mental Landak Mini yang ditawarkan apakah bagus atau tidak.
§   Pastikan Landak Mini yang anda beli sehat secara fisik maupun psikisnya.

Bagaimana Bila Hanya Memiliki Seekor Landak Mini Saja?

Anda tidak perlu bingung jika anda hanya memiliki seekor Landak Mini saja, karena pada dasarnya mereka hidup menyendiri atau solitaire yang artinya anda bisa memelihara hanya 1 ekor Landak Mini, jadi jangan takut Landak Mini kesayangan anda akan kesepian atau mencoba kabur.  Asal diketahui bahwa pada umumnya mereka justru tidak suka bersama-sama dalam satu kandang. Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan (mengawinkannya). Landak Mini siap untuk berkembang-biak paling cepat 3 bulan tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah dan jangan sampai kecolongan untuk telat memisah Landak Mini anakan anda yang beranjak dewasa. Kejadian perkawinan dini terutama apabila betina terlalu muda, sering mentidakibatkan turun atau buruknya kualitas produktifitas si betina, dari segi jumlah anak, kesehatan, kualitas lahiran si betina, maupun kualitas anakan yang nanti akan dihasilkan, bahkan kehamilan yang terlalu muda, tak jarang mengakibatkan kematian bagi sang calon indukan betina akibat belum memiliki fisik maupun psikis yang kuat terutama pada saat beranak. Sedangkan untuk mengetahui cara mengawinkan Landak Mini pada usia yang direkomendasikan (5 bulan keatas).

Bagaimana Cara Memilih Landak Mini Yang Sehat dan Berkualitas?

Berikut merupakan faktor-faktor penentu anda dalam memperoleh Landak Mini sehat dan berkualitas :

§   MATA
Terkondisi baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan serta tidak memiliki semacam lapisan putih pucat di bagian tengah (seperti ini sering disebut dengan katarak).

§   HIDUNG
Bersih dan lembab (layaknya hidung sapi) dan tidak meler atau tidak kering kusam.

§   MONCONG
Bersih tidak ada bintik-bintik putih yang berkeliaran di area moncong (ini petunjuk awal apakah Landak Mini tersebut berkutu atau tidak, disamping juga perlu mengecek kulit di bagian pangkal bawah duri).

§   TELINGA PENDEK
Bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya, tidak ada cairan hijau yang keluar atau meler dari bagian lubang telinga.  Seringkali terdapat  kejadian telinga dikunyah oleh anak atau temannya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu anda khawatirkan.

§   DURI
Tidak mengalami kebotakan atau rontok akibat penyakit atau kutu atau jamur atau kelembapan kandang yang terlalu basah dalam intensitas waktu lama.

§   KULIT
Sebaiknya lentur dan halus tidak berkerak, karna bisa jadi Landak Mini tersebut kutuan bahkan jamuran.

§   BULU RAMBUT
Pada perutnya halus dan tidak kusut, tidak ada kotoran yang menempel ataupun kerak.

§   PUP
Padat, tidak diare atau cair kehijauan.

§   KAKI
Tidak ada yang cacat atau patah atau lumpuh, jari – jari semua utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah (tidak menempel atau “ganjet”).

§   ALAT KELAMIN
Harus kering tidak terdapat luka, tidak terlihat merah-merah bekas darah dan tidak membengkak.

§   BADAN PADAT SEHAT
(bukan lemak, bukan obesitas), asalkan ketika Landak Mini diletakkan diatas meja badannya bisa berjalan tegak it’s no problem, tapi apabila berjalannya terhuyung-huyung, atau kesulitan tegak segera cari pilihan Landak Mini lain.

§   BERAT LANDAK MINI
250-700 gram, Landak Mini yang dipilih harusnya memiliki berat yang ideal alias tidak kegemukan atau obesitas karna akan menyebabkan berbagai penyakit dalam yang berbahaya tetapi juga tidak boleh kurus dan terlihat cekung badanya karna bisa jadi itu menunjukan Landak Mini mempunyai suatu penyakit.

§   AKTIF DAN LINCAH
Suka langsung mengendus si  obyek  pemegang (tidak menggulung terlalu lama atau bahkan menetidakkan durinya sambil meng-klik).

§   TEMPERAMEN
Sebenarnya semua Landak Mini bisa menjadi sangat jinak tergantung dari pembiasaan kita tetapi ada beberapa Landak Mini yang memang mempunyai sifat galak sejak lahir dan sulit dijinakkan. Ketika memilih amatilah Landak Mini yang akan anda beli apakah dia mendesis, melompat atau meng klik. Mendesis itu wajar karna dia masih takut dengan kita sedangkan meng klik berati dia mengancam anda sebaiknya jika seperti itu pilih Landak Mini yangg lain saja, terutama apabila yang anda cari adalah Landak Mini betina (dikhawatirkan sifat yang terlalu agresif akan berakibat kurang baik terhadap anda secara langsung yang membutuhkan binatang kesayangan yang bisa dipegang atau dielus-elus, juga pada kualitas anakannya yang sering mengarah pada ketidakbisaan sang indukan dalam merawat si anak akibat terlalu msudah stres atau kaget bila kita dekati saat memberi makan atau mengganti serutan kayu yang kotor). Hal wajar bila Landak Mini yang takut tiba-tiba membola akan tetapi itu hanya beberapa detik saja dan jika Landak Mini membola terlalu lama alihkan saja pilihan kepada Landak Mini yang lain.

 Yang Perlu Anda Ketahui

§   Tidak disarankan untuk membeli Landak Mini dengan usia dibawah 6 minggu, Selain keraguan untuk mampu untuk sudah tidak menyusu pada indukannya dan yakin sudah bisa atau tidaknya dia mengunyah makanannya sendiri, Landak Mini yang terlalu muda, akan memiliki tingkat kerawanan yang masih sangat tinggi ketika akan dikirim atau berpindah tempat atau anda atau kota.  Landak Mini yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa Landak Mini muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.
§   Awali memelihara Landak Mini dengan mental sebagai pecinta binatang, sehingga perlakuan dan kasih sayang anda terhadap Landak Mini akan menuntun anda untuk menjadi adopter atau pecinta Landak Mini yang sukses dan berhasil, yang selanjutnya merupakan pilihan anda untuk berlanjut menjadi peternak yang mampu menjual Landak Mini berkualitas atau sekedar memelihara saja (kepentingan hoby).
§   Pastikan anda mendapatkan info sejelas-jelasnya mengenai DOB (date of birth) dari Landak Mini yang akan anda beli.
§   Pastikan anda mendapatkan info mengenai bloodline atau galur atau jenis indukan dari Landak Mini yang akan anda beli.
§   Bila Landak Mini yang akan anda beli merupakan Landak Mini dengan usia indukan, pastikan anda mendapatkan jaminan atau kepastian bahwa Landak Mini yang anda beli merupakan Landak Mini yang sehat dan produktif. hal ini salah satu hal terpenting bagi anda yang tertarik untuk langsung memelihara Landak Mini indukan (pertimbangan proses pengembangbiakkan akan lebih cepat dibanding Landak Mini anakan yang masi memerlukan pembesaran terlebih dahulu).

Cara Merawat Landak Mini Bagi Pemula

CARA MENJINAKKAN LANDAK MINI
Menjinakkan Landak Mini ini membutuhkan ketekunan, kesabaran dan pemahaman, menjinakkan Landak Mini berbeda seperti menjinakkan hewan lainnya. Prinsipnya adalah bagaimana anda dapat membangun ikatan atau hubungan antara Landak Mini dan anda. Dan karena Landak Mini mempunyai pengelihatan yang buruk, maka membangun ikatan dengan menggunakan indera Landak Mini lainnya akan meningkatkan efektifitas usaha anda. Berikut adalah cara menjinakkan Landak Mini menggunakan beberapa metode :

§   METODE AROMA
Landak Mini mempunyai penciuman yang tajam, jadi sangatlah penting bagi Landak Mini untuk mengenali aroma tubuh anda. Salah satu cara agar Landak Mini mengenali aroma tubuh anda adalah dengan menyimpan kaos bekas anda pakai kedalam kandang.

§   METODE SUARA
Landak Mini sangat sensitif dengan suara dan akan selalu menggulung atau menegakkan duri-durinya ketika mendengar suara asing atau suara bising. Bicaralah kepada siLandak Mini dan biarkan Landak Mini mengenali suara anda. Bicaralah kepada Landak Mini ketika dipegang, dimandikan, disaat santai akan membuat kandak terbiasa dengan suara anda. Jangan pernah membuat suara bising atau suara tiba-tiba ketika membuka pintu atau menutup pintu dan suara lainnya akan membuat Landak Mini tidak nyaman.

§   METODE RABA ATAU SENTUH
Satu cara yang terbaik dan paling mudah adalah dengan meletakkan Landak Mini dipangkuan anda ketika menonton tv atau disaat anda ngobrol santai. Anda juga dapat mencoba dengan meletakkan Landak Mini di dada anda, biarkan Landak Mini merasakan kehangatan dan detak jantung anda. Landak Mini sangat suka memanjat, jadi biarkan Landak Mini memanjat-manjat di tubuh anda. Selalu ulurkan tangan anda terlebih dahulu sehingga Landak Mini akan mendatangi dan mengendus-endus tangan anda.

§   METODE RASA
Anda dapat mencoba memberikan makanan Landak Mini dengan cara meletakkan pakan di telapak tangan anda, sehingga Landak Mini dapat membedakan mana makanan dan mana tangan anda. Jangan biarkan Landak Mini menjilati tangan anda, karena mungkin saja rasa tangan anda lebih lezat dibandingkan makanan, sehingga Landak Mini dapat menggigit anda.

Empat metode tadi merupakan pengalaman dari beberapa anda Landak Mini. Anda bisa mencoba dengan metode anda sendiri.

CARA MEMBEDAKAN LANDAK MINI JANTAN DAN BETINA
Betina             : alat kelaminnya bedekatan dengan ekor atau anus.
Pejantan         : alat kelaminnya agak jauh dari ekor atau anus.

KANDANG, PERALATAN, MAKANAN, PERAWATAN DAN OBAT LANDAK MINI

KANDANG
Pada dasarnya untuk pemeliharaan Landak Mini tidak diperlukan tempat khusus yang seperti pada habitat aslinya. Cukup dengan menggunakan akuarium kaca atau acrylic atau container plastic atau juga kotak kayu. Yang terpenting adalah dimensinya mencukupi kebutuhan ruang gerak dan aktifitas Landak Mini. Rekomendasi untuk Landak Mini adalah berukuran 50cm x 50cm atau 40cm x 60cm, sedangkan untuk tingginya tidak kurang dari 30cm (menghindari Landak Mini memanjat dan lepas). Letak kandang terbaik adalah pada area dengan suhu normal : 21°-27°C, dan memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

SERUTAN KAYU
Digunakan sebagai media alas atau bedding pada kandang Landak Mini. Fungsi lainnya adalah menyerap kotoran padat (PUP) atau kotoran cair (PEE), penghangat tubuh Landak Mini saat malam hari, serta media kunyah Landak Mini saat anointing. Pastikan anda teliti dalam memilih jenis serutan kayu yang digunakan, sehingga Landak Mini akan terjaga kesehatan maupun kenyamanannya di dalam kandang.

TEMPAT MAKAN DAN MINUM
Lebih direkomendasikan menggunakan bahan yang cukup lebar dan berat, seperti kaca (asbak kaca, wadah keramik, dll) yang penting tidak mudah dibolak-balik oleh Landak Mini. Ketinggian wadah juga harus diperhatikan, tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi (4-8cm). untuk tempat minum cukup dengan menggunakan tempat minum hamster dan ukurannya disesuaikan (80ml, 100ml, 125ml atau 250ml) tergantung kebutuhan dan kemudahan mendapatkannya.

HIDDING BOX
Masih ingat tentang sifat Landak Mini ”nocturnal”. Landak Mini akan aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari. Hiding box berfungsi sebagai ruang gelap dimana tempat Landak Mini tidur. Keberadaan media ini sangat membantu daam penyesuaian atau adaptasi Landak Mini dengan kandang alias salah satu factor penting dalam kenyamanan. Berfungsi dalam masa kehamilan Landak Mini dan dalam masa menyusui pada Landak Mini. Bahan hiding box bisa dengan pipa peralon atau talang PVC, kotak sepatu, kotak triplek atau hiding box khusus namun harganya mahal.

MAKANAN DAN MINUMAN
Usahakan memberikan pakan atau makanan untuk Landak Mini itu CF (Cat Food) atau DF (Dog Food), tetapi jika dana kurang memadai, pilih pelet khusus Landak Mini (jangan pernah sekali - kali memberikan pakan atau makanan untuk ikan). biarpun bentuk dan aromanya sama kaya pelet khusus Landak Mini tapi kandungannya jauh banget (jika kepepet tidak apa-apa dari pada tidak ada asalkan Landak Mini kita mau makan). Sistem pemberian pakan atau makanan itu cukup 2x sehari saja dan ditakar makannya supaya Landak Mini tidak obesitas, caranya : beri pakan atau makan Landak Mini anda di pagi hari lebih sedikit dari pada di malam hari, ini dikarenakan Landak Mini itu hewan yang aktif di malam hari, jika untuk minum berikan saja air matang atau air hasil penyulingan, karena jika memberi Landak Mini kita minum air mentah ada dampak jangka panjangnya. Jangan pernah memberikan susu berlaktosa kepada Landak Mini. Susu pada umumnya mengandung zat laktosa dan Landak Mini sangat rentan terhadap laktosa. Jika diberikan, mula-mula Landak Mini akan terlihat gelisah, muntah, diare yang pada akhirnya akan mengarah pada kematian.

PERAWATAN
Untuk perawatan itu pintar-pintarnya anda saja merawatnya, jemur Landak Mini dibawah sinar matahari pagi (07.00-9.30) kira-kira sekitar 5-10 menit saja tidak usah lama-lama karena matahari dibutuhkan hanya untuk membantu metabolisme tubuh Landak Mini dan juga membantu siLandak Mini supaya aktif bergerak. Lalu dibiasakan tiap Sabtu dan Minggu Landak Mini berpuasa, puasa sekitar 12 jam (no makan) tapi tetap sediakan minum ini dikarenakan Landak Mini dirumah banyak makan dan pasif jadi supaya tidak obesitas. Cara memandikan Landak Mini seperti memandikan kucing atau anjing, disampo atau disabun dan disikat juga. Bersihkan kandang Landak Mini hanya jika kotor saja, jika sudah terlalu kotor bersihkan kandang dengan mengganti total serbuk kayu dan disemprot antiseptic atau desinfektan.

OBAT-OBATAN DAN CARA MERAWATNYA
Penyakit yang paling umum pada Landak Mini adalah kutuan. Kutu bisa disebabkan dari macam-macam hal bisa dari kondisi Landak Mini yang tidak bersih, tempatnya yang kotor, Landak Mininya yang kurang sehat, dll. Gejalanya mudah dilihat dari tinggkah laku Landak Mini, yaitu garuk-garuk, duri yang rontok. Obatnya mudah, cukup tuangkan minyak goreng kebagian yang gatal-gatal dan pada area duri yang rontok tunggu sampai 3 hari abis itu dimandiin. (diulang sampe bener-bener hilang ya). Untuk pencegahan bisa menggunakan cairan antiseptik tiap hari keLandak Mininya. Dan jika serbuk kayunya lembab dan kotor banget lebih baik di ganti total.

ALERGI PADA LANDAK MINI
Biasanya Landak Mini ada yang alergi dengan sesuatu, misal Landak Mini timbul bentol-bentol, itu karena serbuk kayunya tidak cocok. Perawatannya mudah, cukup karantina ditempat yang bersih tanpa serbuk kayu, kemudian diberi cairan kunyit saja. dikasih setiap hari sampai bentol-bentolnya hilang. Cairan kunyit fungsinya membunuh bakteri dan kuman, karena sifatnya sama seperti antiseptik dan atibiotik, obat-obatan yang bisa dipake dirumah itu cuma : kunyit, cairian antiseptik dan minyak goreng saja.

Mengawinkan Landak Mini

Masukkan Landak Mini betina ke kandang Landak Mini jantan (ini lebih menjamin tingkat keberhasilan pembiakan), bersihkan kandang, ambil semua mainan, tabung atau kotak yang mungkin akan menghalangi proses perkawinan. Biarkan mereka selama sekitar 7 hari. Segera setelah ditempatkan bersama-sama pejantan akan mulai mencicit mengejar betina. Landak Mini betina tidak akan pasrah begitu saja, Landak Mini betina akan menolak dan berlari-lari keliling kandang. Terlihat seolah-oleh mereka berkelahi, tetapi jangan khawatir itu adalah peilaku alamiah menjelang perkawinan. Begitu dirasa cukup Landak Mini betina akan mengakngkat pantatnya sehingga Landak Mini jantan dengan mudah mengawini. Akan tetapi tidak setiap Landak Mini pejantan serta merta akan mengawini jika anda tonton, sebaiknya tinggalkan mereka untuk sementara waktu untuk memastikan pengembangbiakan. Setelah 7 hari kemudian bersihkan kandang. Anda bisa juga membiarkan perkawinan dengan membiarkannya selama 7 hari kemudian untuk memastikan kehamilan. Sekali lagi tinggalkan mereka !. 7 hari kemudian angkat pejantan, jangan biarkan mereka bersama-sama karena keduanya dapat memakan bayi Landak Mini. Catat semua aktifitas sejak perkawinan. Masa kehamilan Landak Mini sekitar 35-40 hari, sehingga anda dapat memprediksi dan mempersiapkan kandang.

Beberapa Hal Dasar Yang Harus Diingat, Diperhatikan Dan Dilakukan Sebelum Mengawinkan Landak Mini Sampai Beranak

§   Pastikan pasangan Landak Mini yang akan dikawinkan sudah cukup umur (diatas 5 bulan).
§   Pastikan pasangan Landak Mini dalam keadaan fisik dan mental yang sehat (tidak sakit atau stres).
§   Mandikan kedua-duanya terlebih dahulu (supaya bersih, karena pada saat beranak kita tidak bisa memandikan si betina dan juga untuk mencegah kutu serta penyakit lainnya).
§   Siapkan tempat yang cukup besar sebagai tempat beranak dan merawat anaknya.
§   Catat tanggal pisah kawin dan hitung waktu kelahiran yaitu paling lama 40 hari setelah dipisahkan dari sang jantan. Hal ini bertujuan agar kita tahu kapan Landak Mini akan beranak anaknya. Apabila pada waktu yang ditentukan sang betina belum beranak, biasanya kami menunggu 1 minggu setelahnya untuk kembali dikawinkan dengan jantan.
§   Letakkan indukan yang sedang hamil di tempat tenang dan terpisah dari yang lain untuk menghidari keributan, kami biasanya meletakkannya di kamar kosong.
§   Berikan hiding box (walaupun ini bukan merupakan syarat mutlak, akan tetapi sebaiknya hiding box perlu diberikan untuk kenyamanan Landak Mini betina yang sedang hamil sampai ia merawat anaknya).
§   Jangan terlalu sering mengganti serbuk, biasanya kami hanya membuang serbuk yang terkena kotoran dan basah saja, mengganti serbuk bisa menyebabkan sang induk stres, resiko terbesar adalah apabila anak sudah lahir, sang induk malas untuk menyusui anaknya sehingga dapat menyebabkan kematian.
§   Berikan makanan dengan porsi lebih. Hal ini bertujuan untuk perkembangan janin di dalam tubuh sang induk, dan memberikan nutrisi cukup selama masa kehamilan.
§   Berikan makanan dengan protein tinggi, kami memberikan protein lebih dengan memberikan ulat hongkong 5 ekor setiap hari selama masa kehamilan, dan 10 ekor tiap hari selama 3 hari sebelum kehamilan. Hal ini diperlukan agar sang induk tidak memakan anaknya pasca beranak. Indukan yang memakan anaknya salah satunya disebabkan karena kurang nutrisi.
§   Apabila sang induk telah beranak, jangan mengganti serbuk (cukup buang kotorannya saja) selama masa menyusui untuk menghindari sang induk malas menyusui anaknya, dan juga perlu diberikan ulat hongkong lebih banyak pada awal-awal masa kelahiran.

Ciri-ciri Landak Mini Hamil

Landak Mini yang hamil mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
§   Air kencing berbau sangat tajam.
§   Setelah 2 minggu kehamilan, perut Landak Mini bila diraba terasa kencang.
§   Putting susunya membesar.
§   Badan Landak Mini menjadi lebih besar dan beratnya naik,
§   PUP Landak Mini berukuran besar, sebab Landak Mini akan mengkonsumsi makanan lebih banyak ketika sedang hamil.
§   Aktifitas menurun atau malas-malasan, sering makan dan banyak tidur.
§   Posisi tidur terlungkup (seperti Superman saat terbang, namun tidak semua Landak Mini seperti itu).
§   Menolak untuk di kawinkan.

Ciri-Ciri  Landak Mini Akan Beranak

§   Gelisah (mondar-mandir, memanjat-manjat).
§   Nafsu makan berkurang.
§   Gemar mengumpulkan serbuk kayu ke dalam hiding box untuk membuat tempat beranak.
§   Bila dikasih hiding box tidur si betina di luar hiding box.

Yang Harus Dilakukan Dan Diperhatikan Bila Landak Mini Betina Sudah Beranak

§   Jangan terlalu penasaran atau over terhadap goglet.
§   Jangan mengganggu induk dan hoglet (memegang hoglet, sering melihat hoglet, dll) karena dapat membuat induk stres dan terjadi hal-hal yang idak diinginkan.
§   Bila hoglet terpisah saat induknya menyusui, pindahkan hoglet menggunakan sendok yang steril secara perlahan ke dekat putting induknya saat induknya tidur.
§   Ganti serbuk kayu yang kotor saja jangan semua diganti.
§   Makanan dan minuman harus selalu tersedia.
§   Berikan ulat hongkong lebih sering, tetapi jangan terlalu banyak.

Akibat Perkawinan Dini Pada Landak Mini

§   Induk betina akan mati karena hoglet kecil-kecil yang menyangkut sehingga tidak bisa keluar (karena pertumbuhan rahim yang belum sempurna).
§   Induk akan memakan hoglet karena stress.
§   Induk tidak mau menyusui hoglet sehingga hoglet akan mati semua.
§   Ukuran hoglet yang lahir terlalu kecil dan cacat.
§   Rahim induk rusak permanen, sehingga tidak dapat beranak kembali.

Penyakit Landak Mini

Landak Mini merupakan seekor hewan yang imut dan lucu. Tak mengherankan kalau saat ini banyak orang yang tertarik untuk memelihara hewan satu ini. Dan tentunya, pada saat memelihara Landak Mini, Anda juga harus memperhatikan mengenai cara pemeliharaannya, terutama pada saat hewan tersebut sakit. Berikut adalah penyakit yang sering menyerang Landak Mini :

§   JAMUR
Ini adalah penyakit umum yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih dan terlalu lembab tentunya, jamur pada Landak Mini umumnya menyerang pada bagian kulit punggung, muka dan telinga. Bahkan pada telinga bisa menyebabkan lendir yang keluar dari telinga (congekan. Red) dan duri rontok pada punggungnya, awalnya seperti botak kecil yang lama kelamaan bukannya tumbuh malahan kebotakannya akan melebar diimbangi bercak-bercak putih disekitar punggung (diarea yang mengalami kebotakan).
CARA PENGOBATAN :
Dengan cara memandikan Landak Mini dengan sabun anti kutu (shampoo kucing) bertahap dan bisa dilakukan beberapa kali sekaligus apa bila diperlukan. Rajin menjemur Landak Mini dibawah sinar matahari pagi, disemprot dengan obat anti kutu secara rutin. Beri vitamin tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, karena jamur dan kutu jika sudah terlalu lama menyerang tentu akan mempengaruhi tingkat kebalan tubuh dan nafsu makan menurun. (pada masa terjangkit dan perawatan, jauhkan atau isolasi Landak Mini dari Landak Mini lain yang sehat untuk mencegah penularan).

§   KUTU
Ini juga ditimbulkan karena lingkungan yang kurang bersih dan lembab, bahkan kutu senang berpindah-pindah tempat dari Landak Mini ke Landak Mini yang lainnya. Kutu lebih mudah dilihat pada bagian kulit punggung dan moncong Landak Mini. Berbentuk semacam butiran-butiran mikro putih yang apabila diperhatikan ia akan  bergerak atau berlari mengitari area kulit dimana kutu itu hinggap. Tak jarang keberadaan kutu dan jamur menimbulkan perasaan dan sifat gatal pada Landak Mini yang mengalaminya. Sering menggaruk-garuk kulit punggung, wajah dan telinga itu indikator bahwa Landak Mini terkena jamur dan kutu.
CARA PENGOBATAN :
(sama dengan cara pengobatan pada penyakit jamur).

§   OBESITAS
Penyakit ini disebabkan karena Landak Mini terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi (Cat Food atau Dog Food yang digunakan harus diperhatikan kandungan komposisinya dan diet yang tepat). Obesitas yang terus dibiarkan dapat memicu timbulnya penyakit hati berlemak yang sangat berbahaya untuk Landak Mini.
CARA PENGOBATAN :
Ubah pola makan, beri makanan yang rendah lemak, diet ketat, puasa, perluas kandang sehingga Landak Mini dapat bergerak dengan bebas, bisa juga menambahkan alat olah raga seperti Jogging Wheel khusus untuk Landak Mini.

§   INFLUENZA
Lingkungan yang kurang bersih, pemilihan bedding serbuk kayu yang kurang tepat (terlalu halus dan berdebu yang memungkinkan  debu-debu tersebut akan terhisap kedalam saluran pernafasan). Oleh karena itu jangan memilih serbuk kayu yang terlalu halus tekstur dan butirannya untuk Landak Mini.
CARA PENGOBATAN :
Dapat disembuhkan dengan memberikan obat antibiotic, semisal amoxcilin sesuai dengan dosis untuk Landak Mini. Dicampurkan ke dalam minum atau langsung diberikan secara manual dengan menggunakan spet atau alat suntik yang dilepas ujungnya dan juga harus rajin menjemur Landak Mini.

§   SCABBLES
Ternyata Landak Mini juga bisa terserang Scabbles yang biasanya menyerang kucing atau anjing, ini disebabkan karena interaksi dengan binatang lain yang kotor, seperti tikus, kucing kampong, dll.
CARA PENGOBATAN :
Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan membawanya ke dokter hewan atau vet.

§   DIARE
Penyakit diare diindikasikan dengan kondisi PUP Landak Mini yang sangat cair dan berwarna hijau terang (wajib dibedakan antara PUP sangat cair atau mencret dengan PUP lembek atau normal). Penyakit ini bisa timbul karena kondisi kandang atau serbuk kayu sebagai alas yang kotor dan jarang dibersihkan, kondisi pakan dan botol minum terlalu kotor, bahkan sempat terkena PUP Landak Mini secara langsung yang kemudian langsung ditimpa makanan tanpa dibersihkan terlebih dahulu, sehingga pakan atau minumannya tidak seteril dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri atau kuman yang apabila termakan atau terminum oleh Landak Mini akan menyebabkan gangguan pencernaan.
CARA PENGOBATAN :
Ada beberapa alternative dalam pengobatan diare, antara lain : memberi tambahan menu ulat hongkong untuk memperkeras PUPnya, beri ulat bamboo (cara ini sangat efektif namun merepotkan kita untuk mencarinya langsung atau beli di pasar burung tradisional). Bisa juga dengan member 5 tablet NORIT yang dihaluskan dan dicampurkan pada air minum atau diberikan langsung  spet atau alat suntik yang dilepas ujungnya.

§   MATA BELEKAN (BUKAN KARENA TERTUSUK DURI)
Kondisi mata yang awalnya normal kemudian menjadi sedikit tertutup dan ditepi-tepi kelopak terdapat semacam lapisan lengket atau kering (seperti belek). Hal ini disebabkan  debu-debu mikro serbuk kayu yang menempel di area kelopak mata namun tercampur air yang biasanya melembabkan mata secara alami, sehingga ketika mongering akan menjadi belek dan membuat kelopak mata menjadi lengket atau susah terbuka.
CARA PENGOBATAN :
Cara pengobatannya cukup mudah, siapkan lap kering kemudian basahi sedikit dengan air hangat, kemudian oleskan atau basuhkan diarea kelopak mata yang lengket akibat belekan tadi hingga lapisan tersebut menjadi lunak dan terlepas. Kemudian anda bisa meneteskan obat tetes mata pagi dan sore hingga mata Landak Mini dapat terbuka dengan normal.

Adapun beberapa penyakit penting atau berbahaya yang dapat menyerang  Landak Mini dan untuk pengobatannya harus dengan tindakan medis adalah :

§   KANKER
Seperti pada manusia Landak Mini juga tak jarang terserang kanker, juga sering menimbulkan tumor pada tubuh Landak Mini.

§   HATI BERLEMAK
Penyakit ini sangat berbahaya bagi Landak Mini, disebabkan karena makanan tidak diatur dengan baik, terlalu sering makan makanan berlemak tinggi.

§   KATARAK
Penyakit ini umumnya terjadi pada Landak Mini yang berumur sudah cukup tua atau bisa juga Landak Mini muda yang oleh pemiliknya diberi ulat hongkong melebihi dosis yang semestinya (protein terlalu tinggi).

3 komentar:

  1. Pada usia ke berpakah usia anak landak mini harus dipindah kan

    BalasHapus
  2. mau tanya, landak saya sama owner sebelumnya makan ulet hongkong terus jadi catfood/dogfood ga mau makan... klo sprti itu takaran ulet hongkong yg ideal untuk landak seberapa ya? trimakasih..mohon infonya

    BalasHapus